Kebutuhan Manusia untuk Didengarkan

weew..

Tau, ga.. ternyata, kebutuhan manusia itu, ga cuma makan, minum, atau pergi ke toilet aja.. atau hiburan.. atu mungkin beberapa hal lainnya yang umum dilakukan oleh manusia..

ternyataa.. ada satu kebutuhan manusia yang emang kita butuhkan, tapi ga kita sadari.. apakah ituuuuuuuuuuuuuuuuuuu???????

(jreng jreng..)

Yap!! kebutuhan untuk didengarkan.. weits.. tapi jangan salah.. jangan mentang2 didengarkan ini adalah sebuah kebutuhan, kita jadi pengennya orang2 dengerin kita terus..

ngerti sih, kalo kebutuhan itu harus dipenuhi.. tapi, kita juga sadar, bahwa hampir semua manusia butuh untuk didengarkan.. jadi, intinya kaya waktu kita belajar PMP waktu jaman SD, atau PPKN jaman SMP. atau PKN jaman SMA dulu, kita harus tenggang rasa, toleransi, dan harus inget tentang kebebasan yang bertanggung jawab.. hak sesorang itu, dibatasi oleh hak orang lain.. jadi jangan smena- mena juga.. (apalagi sama orang- orang yang tingkat auditorinya rendah.. bisa- bisa dia pingsan saking lamanya ngedengerin kita ngomong..)

lalu, lalu.. kenapa didengarkan ini adalah sebuah kebutuhan?? (kenapa, yaaa?? hmmmm..)

ternyataaa.. dari sebuah website, diketahui, kalo ternyata kebutuhan ini sangat penting karena, kalo kebutuhan ini ga dipenuhi, bisa- bisa orang jadi ga bahagia karena dia ngerasa ga diperhatikan dan ga ada artinya, trus paling parahnya, bikin orang pengen bunuh diri.. huii.. serem, ya.. apalagi hal ini ternyata lebih sering terjadi di kota- kota besar, kaya di jakarta..

hmmm.. coba kita tilik hubungan yang biasanya terjadi di masyarakat..

bayangin.. kalo pasangan atau temen kita hobinya nyerocoooooooooooooos terus.. wuiih.. kuping kita harus siap.. terus, yang pasti, kita ga bisa ngomong apapun, karena pas mau ngomong, eh.. dia ga berenti2 ngomongnya, panjaaaaaaaaang banget kaya kereta api.. pas mau ngomong, bukannya didengerin, malah dikacangin, atau bahkan ga digubris.. huaaaaaa.. sedih banget ga siii..

yang lagi pacaran atau dah nikah, bisa putus atau cerai.. jang temenan bisa jadi saling benci.. huaah.. ternyata didengarkan dan mendengarkan adalah sesuatu yang sangat crucial ya, dalam hubungan.. semua bisa berubah gitu aja dalam sekejap kalo kita ga nyadar tentang kebutuhan ini.. bisa2, pasangan kita atau temen kita ini bunuh diri..

Dan.. tau ga.. hal ini sangat berhubungan erat dengan keadaan psikologi sesorang.. apalagi anak2..

ada satu kesalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan ini.. inget ga? dulu waktu SD kita kalo masuk sekolah, pasti disuruh duduk, menyilangkan tangan, terus diem.. wah.. itu sebenernya ga bagus banget.. selain si anak jadi takut ngomong, kebutuhannya untuk didengarkan pendapatnya jadi ga terpenuhi sama sekali..

Mendengarkan orang itu juga, bisa meredam kemarahan orang2.. bagaimana caranya??

1. tahan emosi.. tahan keinginan kita untuk menceramahi orang itu.. emang susah sih, kalo dah marah.. tapi sebisa mungkin, tahan amarah dulu.. atau mungkin suitan biar bisa nentuin sapa yang duluan ngomong..

2. sabar.. dengerin baik2 apa kata si lawan bicara kita ini.. dengerin tiap kata- katanya.. karena semuanya mencerminkan apa yang lagi dia pikirkan saat itu..

3. setelah kita dengan sabar mendengarkan si orang itu ngomong, kita utarakan apa yang kita pikirkan.. yah.. emang hasilnya mungkin ada bentrok tambahan atau mungkin bisa jadi jalan keluar, sih.. tapi yang pasti kebutuhan semuanya telah terpenuhi oleh si doi yang lagi marahan ama kita..

4. the last step, kalo udah dengerin dan berakhir bahagia alias tidak berakhir dengan perpanjangan waktu untuk cekcok, kita kan, jadi bisa tahu, apa yang jadi biang keladi dari kerusuhan alias cekcok tersebut.. siapa tau ada misscommunication.. semua hal bisa aja terjadi kan.. walau sedekat apapun kita sama orang yang lagi cekcok ama kita ini, apapun bisa terjadi.. kita juga jadi tau point of view sama pola pikir dia.. apa dari yang besar ke yang kecil atau sebaliknya.. runut, atau acak- acakan.. yah, yang pasti, kalo dua- duanya bisa dengan sadar mengetahui kebutuhan ini, semua insya Allah akan berakhir baik- baik aja..

oleh karena ituuuu, ingatlah orang- orang di sekitar kita.. mereka butuh didengarkan.. tapi ga berarti semua itu ngebuat kita ga ngomong sama sekali sama orang lain..

ga maksud menggurui atau apa, sih.. cuma tiba2 keinget dari kata- kata seseorang dalam sebuah training..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: